Plankton

Fotomontag organisme plankton

Plankton didefinisikan sebagai organisme hanyut apapun yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan badan air tawar. Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, karena menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik.

Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton adalah makanan utama mereka. Plankton terdiri dari sisa-sisa hewan dan tumbuhan laut. Ukurannya kecil saja. Walaupun termasuk sejenis benda hidup, plankton tidak mempunyai kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya.

Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia mendapat bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup. Mengingat plankton menjadi makanan ikan, tidak mengherankan bila ikan banyak terdapat di pesisir pantai. Itulah sebabnya kegiatan menangkap ikan aktif dijalankan di kawasan itu.

Selain sisa-sisa hewan, plankton juga tercipta dari tumbuhan. Jika dilihat menggunakan mikroskop, unsur tumbuhan alga dapat dilihat pada plankton. Beberapa makhluk laut yang memakan plankton adalah seperti batu karang, kerang, dan ikan paus.

Iklan

5 Tanggapan

  1. Hewan yg kecil sekali . .
    hemmmm bntuknya unik” . . .
    terima kasih tuk infonya . . .

  2. wa….. plankton yg d spongebobs itu yaaa.. hahahaha πŸ˜€

  3. plankton itu, ga jlas ya?
    bntuk nya ky aph ………….

    • bentuknya ya seperti yg ada di gambar atas …. gambar itu dilihat di bawah kaca pembesar / mikroskop karena sangat kecil ….

      gambaran sederhana mirip seperti “plankton” temannya “spongbob” & “patrick”, film kartun anak2 …. makanya diberi warna hijau …. karena ada yg pitoplankton & zooplankton

      trima kasih kunjungannya
      smoga bermanfaat ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: