Mewaspai Gempa Besar Bengkulu dari Laporan GPS

Sumber data GPS : SuGAr (Sumatra GPS Array) LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia)

Peta di bawah ini menunjukkan sejumlah station GPS yang dimiliki LIPI untuk memantau pergerakan / pergeseran pulau Sumatra. Pergerakan secara sederhana ditunjukkan dalam arah utara – selatan, barat – timur, dan atas – bawah. Untuk membaca laporan tersebut, perlu mengetahui di mana posisi station GPS terkait mekanisme tektonik yang terjadi di sekitar station itu.

Lokasi Station GPS SuGAr LIPI saat ini

Peta Lokasi Station GPS SuGAr LIPI

Station mlkn

Data pergerakan Station Mlkn (pulau Enggano)

Station Mlkn berada di wilayah subduksi lempeng benua EuroAsia yang disubduksi lempeng samudra IndoAustralia lebih mendekati awal trench subduksi. Pergerakan dalam arah barat – timur, menunjukkan terus mengalami tekanan. Dalam tahun 2007 terjadi 5x gempa besar di selatan Sumatra namun meski demikian yang perlu diwaspadai adalah hingga saat ini, slip rate sebesar sekitar 28 mm/tahun, tekanan masih berlangsung hingga menunggu terlepas menjadi gempa. Ketinggian station terus mengalami penurunan.

Station mnna

Data pergerakan Station Mnna

Station Mnna (Manna) berada di wilayah subduksi lempeng benua EuroAsia yang disubduksi lempeng samudra IndoAustralia, lebih mendekati awal trench subduksi. Pergerakan dalam arah barat – timur, menunjukkan terus mengalami tekanan. Dalam tahun 2007 terjadi 5x gempa besar di selatan Sumatra sehingga terjadi relaksasi cukup besar 8cm namun meski demikian yang perlu diwaspadai adalah hingga saat ini, slip rate sebesar sekitar 30 mm/tahun, tekanan masih berlangsung hingga menunggu terlepas menjadi gempa. Ketinggian station terus mengalami penurunan.

Station lais

Data pergerakan Station Lais

Station Lais berada di wilayah subduksi lempeng benua EuroAsia yang disubduksi lempeng samudra IndoAustralia . Pergerakan dalam semua arah bergerak lambat, menunjukkan masih mengalami relaksasi paska di tahun 2007 terjadi 5x gempa besar di selatan Sumatra di mana mengalami penurunan tanah 15 cm  dan relaksasi ke arah laut 70 cm.

Station mkmk

Data pergerakan Station Mkmk

Station Mkmk (Mukomuko) berada di wilayah subduksi lempeng benua EuroAsia yang disubduksi lempeng samudra IndoAustralia . Pergerakan dalam semua arah bergerak lambat, menunjukkan masih mengalami relaksasi paska di tahun 2007 terjadi 5x gempa besar di selatan Sumatra di mana mengalami penurunan tanah 24 cm dan relaksasi ke arah laut 50 cm.

Station lnng

Data pergerakan Station Lnng

Station Lnng (Lunang) berada di wilayah subduksi lempeng benua EuroAsia yang disubduksi lempeng samudra IndoAustralia . Pergerakan dalam semua arah bergerak lambat, menunjukkan masih mengalami relaksasi paska di tahun 2007 terjadi 5x gempa besar di selatan Sumatra di mana mengalami penurunan tanah 18 cm dan relaksasi ke arah laut 50 cm.

bengkulu

Peta lokasi wilayah rawan gempa besar dalam poligon merah karena masih terus terjadi proses interseismik di mana lempeng samudra IndoAustralia masih terus menekan lempeng benua EuroAsia di bawah Bengkulu. Gempa besar akan lepas saat daya ikat lempeng benua tidak dapat lagi menahan tekanan tersebut. Poligon tidak bisa diperbesar ke arah memanjang pantai karena terbatasnya data station GPS namun yang bisa dipastikan tidak sampai ke wilayah Lais – Mego karena sudah terjadi gempa 8SR tahun 2007 di wilayah tersebut. Sedangkan ke arah selat Sunda belum juga bisa disampaikan karena station GPS masih baru dipasang.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. silahkan tinggalkan komentar anda di sini

    relaksasi (post seismik) – lempeng EuroAsia yang disubduksi lempeng IndoAustralia bergerak menuju posisi awalnya sebelum disubduksi ….

    perlu dicatat dalam proses relaksasi, bukan berarti tidak terjadi gempa besar … masih bisa terjadi gempa sebesar jika terjadi pergeseran yang cukup besar dalam waktu sesaat

    misalkan karena mendapat tekanan bergeser 1m, kemudian saat relaksasi pertama bergeser ke arah posisi awal sebesar 50cm – terjadi gempa, kemudian terjadi lagi relaksasi kedua ke arah posisi awal sebsar 50cm lagi – maka terjadi gempa lagi …

    tetap waspada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: