Gurita Raksasa 272kg 10m

Gurita Raksasa
Gurita Raksasa

Gurita (Octopus, Architeuthis Dux) raksasa Pasifik Utara (Octopus dofleini) adalah salah satu mahluk laut terbesar di samudra Pasifik utara dan barat laut,  kepulauan Aleutian – Jepang hingga Kalifornia selatan – Alaska.

Berat 10kg – 50kg (22-110lbs) dan panjang 3-5 meter (9.75-16ft). Umur rata-rata 3-5 tahun. Gurita pasifik terbesar tangan / tentakel dapat mencapai 10 meter (33-60ft) dan berat 272kg (600lbs). Merupakan hewan tak bertulang belakang (invertebrata) dan pemakan daging (karnivora) terbesar yang pernah ada.

Makhluk yang terkenal lapar, memerlukan makanan yang cukup untuk tumbuh hingga 1.8% berat badannya tiap hari. Dapat makan hingga 8 kepiting tiap hari. Dapat tumbuh 3.58kg (7.89lbs) dalam 130 hari. Makanan favorit adalah kepiting, remis, ikan, cumi-cumi, lobster, dan kepala mackerel. Berburu di malam hari. Juga menyerang dan makan hiu dan burung memakai mulut yang tajam dan mirip paruh untuk melubangi dan mengoyak daging.

Berkepala bulat dan berwarna coklat kemerahan. Seperti gurita lainnya, memakai sel pigmen khusus di kulitnya untuk mengubah warna dan tekstur serta dapat membengkokkan dalam pola yang rumit seperi karang, tanaman, dan batu untuk menyamar dan melindungi diri.

Gurita jantan dan betina cepat mati setelah kawin. Gurita betina cukup lama untuk mengurus telornya dan selama itu tidak makan berbulan-bulan kemudian segera mati.

Jumlah populasi tidak diketahui dan bukan binatang yang membahayakan. Namun sensitif pada kondisi lingkungan dan mungkin menderita terhadap tingkat polusi yang tinggi. Makhluk yang cerdas, dalam tes di laboratorium dapat membuka toples, menyamar jadi gurita lain, dan memecahkan teka-teki.

Untuk lebih mengenal gurita, silahkan klik Gurita.

About these ads

8 Tanggapan

  1. thanks infonya, numpang copy buat tugas sekolah ya kak.. artikelnya saya campur dengan artikel wikipedia, dan buku saya ttg Gurita.. artikel yg udah di mix juga saya masukin di blog, blog kakak sudah sya cantumkan sumbernya. kalo ada masalah copyright bilang aja kak,, kunjung n komentar balik ya ke blog saya

  2. hati-hati gurita bisa menarik kapal tanker loh?sampe-sampe airnya jadi pusaran kaya tornado.by arya pangkalanbun gg.banteng 1

  3. gurita raksasa ini bisa mmbunuh bnyk orang tuh,..

  4. terima kasih atas sharing buat teman2 :)

  5. di daerah Papua paling ditakuti tuh…sampe-sampe disebut Hantu Laut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 77 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: