Arwana

Arwana Asia
Arwana Asia

Arwana Asia (Scleropages formosus), adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut “Ikan Naga” karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa

Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:

Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia
Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
Emas, ditemukan di Malaysia
Merah, ditemukan di Indonesia
Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus “terancam punah” oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia. Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini.

Klasifikasi Ilmiah :
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Osteoglossiformes
Familia: Osteoglossidae
Subfamilia: Osteoglossinae
Genus: Scleropages
Spesies: S. formosus

Hoki bicirrhosum
Hoki bicirrhosum
Klasifikasi ilmiah
Kekaisaran : Animalia (Hewan)
Suku : Chordata (chordate)
Kelas : Ikan bertulang (ray)
Orde : Osteoglossiformes (lidah bertulang)
Keluarga
Osteoglossidae

Osteoglossidae atau arwana adalah keluarga ikan. Mereka milik Osteoglossiformes. Mereka datang di Amerika Selatan, Afrika, Asia dan Australia. Kehidupan arwana yang umumnya lambat bergerak dan air tergenang dan memangsa ikan, serangga dan udang. Mereka mouthbrooders : reproduksi dilakukan oleh mengerami telur di mulut orang tua. Ini adalah ikan yang dapat melompat sangat baik, Silver Arowana bahkan lima meter di atas permukaan tersebut. Di Amerika Selatan, tiga spesies hidup, ferreira Hoki atau Black Arowana, atau arwana Silver bicirrhossum Hoki dan Arapaima gigas, yang kedua dengan ukuran dewasa sampai dengan 4,5 m adalah ikan air tawar terbesar.

Di Afrika, kehidupan Otis terpanas niloticus atau Afrika Arowana. Asia atau Asia kehidupan Scleropagus formosa arwana, yang terjadi dalam berbagai warna. Ikan ini ada di daftar CITES dan sangat mahal. Dua spesies hidup di Australia, atau jardini Scleropagus Jardini dan leichardti Slerophagus atau arwana bermanik-manik.

Hidup di akuarium

Saat ini, ikan di akuarium terus. Spesies yang berbeda di dalam akuarium mencapai ukuran rata-rata 60-80 cm, dengan pengecualian Arapaima. Mereka memiliki mangkuk yang sangat besar diperlukan minimal 2 meter, 1 meter dan lebar 60 cm tinggi.

Arapaima gigas adalah satu-satunya tawanan di akuarium dengan sedikitnya 20.000 liter.  Harus ada cukup ruang berenang bebas pada saat ini lapisan atas di permukaan dengan tanaman mengambang. Di bagian bawah wadah biasanya adalah lapisan pasir dicuci bersih lebih ditempatkan potongan kayu apung di pojok sebagai akar pohon dapat digantung ke bawah dan mungkin tanaman. Karena perilaku melompat dari akuarium arwana itu harus baik ditutup-tutupi.

Kualitas air harus terawat dengan baik akan setara dengan mengambil filtrasi baik dengan perubahan air mingguan 20-25%.

Arowama dengan beberapa ikan besar lainnya terus bersama-sama. Pengecualian adalah arwana Australia karena karakter mereka sangat kuat solitaire terbaik dapat diselenggarakan.

Perlindungan

Spesies ini, kecuali arwana Asia , bukan spesies pada daftar CITES ini. Arwana Aslan, Scleropagus formosa, secara internasional secara hukum dilindungi. Hanya hewan dari spesies ini dari peternakan terkendali CITES makalah dan microchip ditanamkan ke rekening. Setiap penangkaran spesies (Belanda) juga harus dilaporkan kepada LID (Nasional Inspeksi Service) untuk mengawasi kesejahteraan hewan.

4 Tanggapan

  1. berapa harga 1 ekor nya?

  2. assalmu’alaikum..
    sy mau ksh saran..
    keterangan tempatnya harus lebih jelas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 79 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: