Contoh Rumah Tahan Gempa

Superior karakteristik dari Dome House

Bahan bangunan untuk Rumah Kubah adalah pengembangan dari polystyrene, “generasi keempat bahan bangunan” setelah kayu, besi, dan beton.

Setelah jelas aturan bangunan yang sangat ketat di Jepang, Rumah Kubah disetujui oleh Kementerian Pertanahan Jepang dan Transportasi.

Pengembangan khusus polystyrene merupakan tantangan yang masuk akal sehat.

http://suaramerdeka.com/foto_smcetak/69e8767ebeadfae41a77325fa10b98e6.jpg

rumah styrofoam2

House Co. Ltd adalah perusahaan Jepang yang membuat rumah berbentuk kubah dengan bahan dasar Styrofoam

Rumah Jepang dari Styrofoam
rumah styrofoam tahan gempa

dalam rumah styrofoam

Picture6

Arsitektur Modern

1. Arsitektur Modern

Picture7

Villa Savoye (Le Corbusier), termasuk ke dalam Arsitektur modern karena mengutamakan kesederhanaan bentuk dan menghapus segala macam ornamen.

Picture8

Istana Kaca, 1935, Belanda (Frits Peutz), termasuk ke dalam asitektur modern karena dibuat dengan konsentrasi kaca dan baja yaitu mengadopsi prinsip bahwa bahan dan fungsi sangatlah menentukan hasil dalam suatu bangunan serta mengutamakan kesederhanaan bentuk dan menghapus segala macam ornamen.

Picture9
Gedung Skyceeper termasuk ke dalam Arsitektur modern karena mengutamakan kesederhanaan bentuk dan menghapus segala macam ornamen.

2. Arsitektur Art Nouveau

Picture10

Pintu masuk musium St. Louis World’s Fair,1904,termasuk ke dalam arsitektur art nouveau karena memiliki bentuk yang berlekuk-lekuk, dinamis, mengalir, kurva dan berombak-ombak. Corak yang lain adalah pemakaian bentuk parabola.

Picture11

Istana Bellas Artes, Mexico, termasuk ke dalam arsitektur art nouveau karena memiliki bentuk atap setengah bola/parabola dan bentuk-bentuk lain yang berlekuk-lekuk, dinamis, mengalir, kurva dan berombak-ombak.

3. Arsitektur Brutalisme

­Picture12

Unitéd ‘Habitation, Marseille (Le Corbusier 1952), termasuk ke dalam arsitektur brutalisme karena dibentuk dengan membentur blockish, geometris, dan bentuk berulang, dan sering juga mengulang bentuk tapi tanpa adanya ornamen.

Picture13

Trellick Tower, London, (Goldfinger 1972), termasuk ke dalam arsitektur brutalisme karena dibentuk dengan membentur blockish, geometris, dan bentuk berulang, dan tanpa adanya ornamen.

4. Arsitektur Historism
Picture14
Katedral Christ the Savior “Katedral Juru Selamat”, Moskow (Konstantin A. Thon), termasuk ke dalam arsitektur historism karena Katedral dengan penerapan gaya Byzantine ini direkonstruksi untuk mengenang keruntuhan Rusia pada perang tahun 1812.

Picture15

Getty Museum, California (Dr. Norman Neuerburg), termasuk ke dalam arsitektur historism karena merupakan salah satu bentuk kerinduan akan bentuk-bentuk klasik romawi yaitu gang beratap yang khas dengan arsitektur klasik serta Kolom memanjang.

Picture16

Allen Memorial Art Museum,Oberlen College, (Robert venturi ), termasuk ke dalam arsitektur historism karena merupakan salah satu bentuk kerinduan pada Gaya Klasik Romawi dan Reinassance

5. Arsitektur Techno

Picture17

Cite Des Sciences Et De I’industrie, Paris, (Adrien Fainsilber & Sylvain Mersier), termasuk ke dalam arsitektur techno karena penggunaan bahan kaca sebagai dinding bangunan, atapnya menggunakan bahan stainless steel dan kaca,hanya pada bagian-bagian tertentu yang menggunakan beton seperti pada bagian lantai.

Picture18
Chinese – japanese youth Centre, (Kisho Kurokawa & assosiasi),termasuk ke dalam arsitektur techno karena Struktur bangunan yang terbuat dari baja, beton bertulang, ubin, granit, marmer & stainless steel, bangunan ini sangat mengagumkan dan merupakan kunci dari citra bangunan, yang dimaksudkan untuk menyampaikan sebuah gagasan perusaan yang bermutu tinggi.

Picture19

Terminal Internasional Waterloo, London, (Nicholas Grimshaw dan Patner), termasuk ke dalam arsitektur techno karena pemakaian material bangunan dan struktur yang digunakan yaitu baja dan kaca, yang diterapkan dalam bentukan lengkung dan bentangan yang panjang.

Picture20

Tete Defense “ Jendela dunia “, Paris,Francis, (Johan Otto van Spreckelsen), termasuk ke dalam arsitektur techno karena pemakaian material bangunan dan struktur yang digunakan yaitu kaca, kawat baja dan kanvas. Bangunan ini menunjukkan kecanggihan teknologi mega struktur karena pertimbangan keawetan, tahan api, dan ekonomis. Strukturnya berbentuk kubus, dan tekstur yang menyerupai micro-chip.

6. Arsitektur Konstruksi

Picture21

Fantasi arsitektur, 1933, (Yakov Chernikhov), termasuk ke dalam arsitektur konstruksi karena desain dibuat dari konstruksinya.

Picture22

Tatlin’s Tower, 1919, (Vladmir Tatlin), termasuk ke dalam arsitektur konstruksi karena desain dibuat dari konstruksinya yaitu dengan bahan besi.

7. Arsitektur Fungsionalis

Picture23

Bangunan Geomedis, (Fullers), termasuk ke dalam arsitektur fungsionalis karena disain suatu bangunan didasarkan pada tujuan dan fungsi bangunan tersebut (form follow function).

Picture24

Menara Helsinki Olympic Stadion (Y. Lindegren & T. Jäntti), termasuk ke dalam arsitektur fungsionalis karena disain suatu bangunan didasarkan pada tujuan dan fungsi bangunan tersebut (form follow function).

8. Arsitektur Organik

Picture25

Falling Water “Air Terjun”, Pennysylvania, (Frank Llyod Wright ), termasuk ke dalam arsitektur organic karena ada keselarasan antara bangunan dengan alam .

9.  Arsitektur Post modern

Picture27

San Antonio Public Library, Texas, termasuk ke dalam arsitektur post modern karena humanismenya lebih dibangkitkan dan ditambahkannya sentuhan ornamen-ornamen.

by Deucemiel Osay

RUMAH TAHAN GEMPA

Picture6

[dome_7.jpg]http://farm4.static.flickr.com/3104/3702659747_ab14c60874.jpg

IMG_3580

edit21

dsc058991

Dome House by Japan Dome House Co.Ltd

DOME HOUSE

dome_house_construction

Japan’s Styrofoam Dome Homes

Japan’s Styrofoam Dome Homes

Japan’s Styrofoam Dome Homes

Japan’s Styrofoam Dome Homes

Japan’s Styrofoam Dome Homes

Japan’s Styrofoam Dome Homes

Japan’s Styrofoam Dome Homes

Metode konstruksi bangunan antioksidan yang sehat

Dengan menyatukan “solusi antioksidan” ke pengembangan polystyrene, atau bahan bangunan untuk Rumah Dome, oksigen aktif dapat ditekan, sehingga mencegah penuaan dan memulihkan kesehatan Anda.

Juga, karena Dome House adalah bangunan bebas formaldehida, Anda tidak perlu khawatir tentang sindrom rumah sakit.

Dome House

Ultra-isolasi termal – sifat-sifat yang memungkinkan penghematan energi

Karena Kubah Rumah diperluas pengembangan  polystyrene sebagai bahan bangunan, isolasi termal yang sangat baik dapat diperoleh. Juga, karena berbentuk kubah, Rumah Kubah memungkinkan udara beredar dengan konveksi tanpa terkumpul di sudut-sudut. Untuk alasan ini, biaya AC dapat dikurangi secara substansial. Rumah Kubah adalah bangunan hemat energi yang luar biasa.

Dome House

Ketahanan semipermanen

Tidak hanya struktur Rumah Kubah yang paling stabil dalam bentuk, tetapi juga, tidak seperti besi, yang tidak bisa berkarat, juga, tidak seperti kayu, yang tidak bisa busuk atau dimakan oleh rayap. Rumah Kubah menawarkan ruang hidup yang nyaman semi-permanen.

Dome House

Tahan angin badai

Kelengkungan-arus sebuah kubah membantu untuk menghantarkan energi angin.

Dome House

Tertinggi di dunia tahan gempa

Rumah Kubah tidak hanya stabil dalam struktur tetapi juga sangat ringan. Karena ringan ini maka Rumah Kubah dapat menahan gempa bumi.

Dome House

Waktu perakitan sangat singkat

Rumah Kubah dapat dibangun dengan merakit bagian-bagian Rumah Kubah. Setiap bagian Rumah Kubah beratnya hanya 80kg.  Karena perakitan sangat sederhana, jika dilakukan oleh 3 atau 4 orang, dibutuhkan kurang lebih 7 hari untuk menyelesaikan sebuah Rumah Kubah.

Biaya sangat rendah

Rumah Kubah sederhana, karena merupakan bangunan prefabrikasi dengan sejumlah kecil bagian. Setiap bagian Rumah Kubah ringan dan mudah dibawa, membuat perakitan cukup mudah. Karena pembangunan Rumah Kubah hanya memerlukan sedikit tenaga dan waktu yang sangat singkat maka memungkinkan untuk mengurangi jumlah tenaga kerja cukup besar.

Ukuran-ukuran Lingkungan

Karena pengembangan polystyrene dibuat hanya dari karbon dan hidrogen, cetakan pengembangan polystyrene adalah sangat ramah lingkungan. Pembangunan Rumah Dome tidak menghasilkan limbah apapun, juga tidak melibatkan penebangan hutan (tidak menggunakan bahan kayu).

Anda sendiri menata letak lantai

Terlepas dari struktur bangunan itu sendiri, atau sebagai perubahan gaya hidup Anda, Anda dapat dengan bebas merancang tata letak lantai, termasuk lantai loteng tengah.

Kekuatan Kubah

Rumah Kubah tidak memiliki “sudut” di dalam ruangan. Tidak hanya ada di sudut ruangan, tetapi juga tidak ada batas antara dinding dan langit-langit. Ruang terbuka yang cerah ini diliputi dengan cahaya penuh dengan kehangatan dan kenyamanan yang tak terlukiskan.

Japan’s Styrofoam Dome Homes

DOMEHOUSE Tipe7700 – Bagian-bagian Utama

Material : pengembangan khusus polystyrene (lapisan anti sinar UV)

Bagian Kubah – tembok

LongDome

Lebar  — 1,993mm
Tinggi — 3,573mm
Tebal — 175mm
Berat — 62.0kg
Bagian Kubah – Pintu

Overhang No.3

Lebar — 1,993mm
Tinggi — 3,573mm
Tebal — 175mm
Berat — 54.1kg
Bagian Kubah – Jendela

Overhang No.10

Lebar — 1,993mm
Tinggi — 3,573mm
tebal — 175mm
Berat — 62.3kg
Bagian Atap

Pointed Arch

Lebar — 3,712mm
Tinggi — 545mm
Tebal — 175mm
Berat — 43.4kg
Bagian Atap – Jendela

Pointed Arch

Lebar — 3,712mm
Tinggi — 590mm
Tebal — 175mm
Berat — 41.8kg

http://www.i-domehouse.com/images/application/pt01.jpghttp://www.i-domehouse.com/images/application/pt02.jpghttp://www.i-domehouse.com/images/application/pt03.jpg

http://www.i-domehouse.com/images/application/pt04.jpghttp://www.i-domehouse.com/images/application/pt05.jpg

http://www.i-domehouse.com/images/case/case_title_bg.jpg

About these ads

54 Tanggapan

  1. rumahnya lucu banget :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 79 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: