Betapa luas laut Indonesia

IndonesiaIndonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

Pulau-pulau besar yang terbentang dari Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Irian Jaya, dan pulau-pulau yang lebih kecil lainnya menyediakan tanah untuk hidup manusia, berbagai hewan dan tumbuhan. Gambar di samping ini adalah foto satelit Indonesia dari ketinggian sekitar 3.500 km.

Posisi geografi Indonesia pada koordinat 6 derajat Lintang Utara – 11.5 derajat Lintang Selatan serta 91.8750 derajat – 144.3750 derajat Bujur Timur (PP 38 Th 2002).

Perairan laut yang luas membentang, menghubungkan pulau-pulau tersebut. Berbagai perairan dangkal dan dalam menyediakan sumber kekayaan alam yang luar biasa bagi hidup manusia.

Panjang pantai 81.000 km atau 14% garis pantai seluruh dunia, di mana 2/3 wilayah Indonesia berupa perairan laut. Jumlah pulau adalah 18.108 di mana hanya 6.000 pulau berpenduduk.  Luas laut kedaulatan 3.1 juta km2. Luas laut ZEE 2.7 jt km2.  Zona pesisir dapat menopang kehidupan 60% penduduk Indonesia.

Kekayaan alam yang terkandung antara lain :

  1. 350 fauna, 28.000 flora,  dan 110.000 mikroba
  2. 600 terumbu karang dan 40 genera

Termasuk ikan, udang, moluska, kerang mutiara, kepiting, rumput laut, mangrove/hutan bakau, hewan karang dan biota laut lainnya.

Batas-batas laut yang ada antara lain :

a) Batas Laut Wilayah (BLW) :  ditarik dari base lines sejauh 12 mil. Indonesia berhak mengelola dan yurisdiksi kedaulatan wilayah penuh.
b) Batas Perairan Zona Tambahan (BPZT) : ditarik 12 mil dari garis BLW.
c) Batas Zona Ekonomi Eksklusif (BZEE) :  ditarik sejauh 200 mil dari base lines.  Indonesia berhak berdaulat atas kekayaan alam di situ dan kewenangan melindungi lingkungan, mengatur penelitian ilmiah maritim dan pemberian ijin kepada pihak asing yang akan melakukan penelitian ilmiah dan atau mendirikan bangunan (instalasi, pulau buatan, dll).

Wilayah laut tersebut memiliki potensi SDI (sumberdaya ikan) 6,7 ton, yakni 2,0 juta ton untuk ZEE Indonesia dan 4,7 juta ton untuk perairan teritorial Indonesia, dan hanya 62 persen yang dimanfaatkan.

Untuk melihat uraian tentang provinsi-provinsi di Indonesia, silahkan klik provinsi, demikian juga ikan laut, ikan air tawar, fauna laut lain, kapal ikan, dan terumbu karang.

About these ads

23 Tanggapan

  1. Saya harapkan pemerintah bisa melihat sumber daya ikan yang terbuang percuma di kecamatan wakate, kabupaten seram bagian timur, provinsi maluku. Kapasitas klostor tidak dapat lagi menampung banyaknya ikan di daerah tersebut, penguburan ukan di daerah tersebut berjumlah 19 ton, walaupun suda di bagi buat masyarakat setempat, namun masi ada saja yang terkubur, saya selaku warga masyarakat kec. Wakate sangat mengharapkan untuk di buka pabrik ikan kaleng di tempat tersebut, untuk kesejateraan masyarakat Indonesia.

    Satu pertanyaan yang di benak saya yaitu.
    Indonesia tana air ku…
    Tanaku kontrak, air ku beli
    apakah ini tana air ku…??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 79 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: